Sabtu, 25 Maret 2017

Cara Packing Dengan Mudah

 Kalau kamu anak muda yang suka travelling ala backpacker, wajib banget kamu tahu tips packing ringkas untuk memperringan tas kamu. Terutama buat kamu yang sering naik pesawat ekonomis dan bepergian ke luar negeri, kamu tentu tahu kalau batas tas yang boleh dibawa di kabin hanya boleh seberat 7 kg saja. Mau tahu jurus jitu tips packing ringan? Simak yuk:

1. Memakai Baju Berlapis
Pakailah lebih dari satu lapis pakaian saat naik pesawat. Misalnya kamu akan bepergian selama 3 hari, pakailah semua kaus yang sekiranya akan kamu pakai. Ketika kamu turun dari hotel dan tiba di penginapan, kamu bisa melepas semua pakaianmu. Kalau kamu membawa jaket atau baju dingin, pakailah jaket tersebut. Jangan menyimpannya di dalam tas karena akan menghabiskan tempat dan membuat tasmu jadi berat. Dengan tips packing mudah ini, kamu bisa mengurangi berat tasmu secara signifikan.

Kalau kamu bepergian untuk waktu yang lama dan kamu nggak mungkin bawa baju terlalu banyak, lebih baik kamu meluangkan waktu untuk mencuci bajumu di malam hari saat berada di hotel/penginapan. Bawalah sedikit deterjen dan cucilah bajumu di bawah shower. Beberapa hostel misalnya di Singapura, menyediakan mesin cuci yang bisa kamu pakai hanya dengan memasukkan koin.

2. Menggunakan Mini Toiletries Set
Kamu bisa menggunakan toiletries set yang banyak dijual di supermarket seperti Hypermart, Matahari atau Centro, terutama di bagian alat-alat kosmetik wanita. Kamu tinggal mengambil sejumlah kecil alat mandimu di rumah dan menaruhnya di kompartemen yang tersedia di mini toiletries set tersebut. Kamu juga bisa menaruh keperluan lain seperti misalnya kosmetik atau obat pribadi.

3. Memilih Tas/koper dengan Bahan Lembut
Tips packing ringan berikutnya, kamu harus membawa koper atau tas dengan padding yang keras memang terkesan lebih meyakinkan terutama kalau kamu membawa barang-barang berharga yang mudah pecah.  Tapi kalau kamu mau backpacker-an, pilihlah bahan yang lembut atau elastis misalnya dari bahan canvas. Hal ini supaya saat kamu packing, tasmu bisa “melar” sehingga kamu bisa memuat lebih banyak barang.

4. Menggulung Baju
Tips packing ringkas yang ini mengharuskan kamu menggulung baju di dalam tas atau kopermu. Gulung jenis pakaian yang sama ke dalam satu gulungan. Misalnya kaos, gulung semua kaos ke dalam satu gulungan yang sama. Rok atau celana, gulung juga dalam gulungan yang sama. Kalau ada underwear, gulung dan letakkan di tempat sela yang masih tersisa di kopermu. Menyebar pun nggak masalah. Yang penting, semua tempat di dalam tasmu termanfaatkan secara optimal.

5. Membawa Tote Bag Berukuran Besar
Selain tas backpack atau koper, kamu tetap memerlukan totebag atau tas tangan yang kamu pakai ketika sedang berjalan-jalan di luar penginapan. Bawalah totebag bahan kain atau canvas yang bisa dilipat dan digulung saat tidak sedang digunakan. Totebag ini bisa juga kamu pakai untuk menyimpan barang-barang pribadi seperti smartphone, dompet, surat-surat berharga, mp3 player, kamera, dsb. Karena totebag atau tas tangan ini biasanya tidak ikut dihitung dalam timbangan, kamu bisa memanfaatkannya untuk menaruh sisa barangmu yang tidak cukup di dalam tas.

6. Beli Saja di Sana!
Kalau ada barang yang sekiranya tidak perlu dibawa dari rumah dan bisa dibeli di tempat tujuan, lebih baik kamu beli saja di sana. Contohnya, kamu bisa mengurangi jumlah baju  yang kamu bawa dengan memakai kaos oleh-oleh dari tempat wisata tujuan kamu sebagai baju ganti. Kamu bisa juga memutuskan untuk tidak membawa alat mandi dan membelinya di sana. Kalau kamu menginap di hotel, biasanya hotel menyediakan alat mandi gratis beserta sikat giginya.

Dengan mempraktekkan tips packing ringkas ini, kamu bisa mendapat menghemat banyak uang untuk tidak membayar bagasi kalau kamu naik pesawat. Kalau kamu naik bis atau kereta, kamu juga tidak akan kerepotan membawa barang bawaanmu. Apakah kamu punya tips packing praktis yang lain? Share ke kita yuk, tulis aja di kolom komentar!

0 komentar:

Posting Komentar