Cara Menurunkan Demam Dengan Cepat

Demam seringkali datang tanpa dinyana. Cara alami mengatasi demam berikut ini akan berguna banget terutama kalau kamu sedang demam di rumah sendirian, malam terlalu larut, tidak ada obat di kotak, toko yang buka 24 jam terlalu jauh, tertimpa tangga lagi! Apa aja sih cara mudah mengatasi demam? 

1. Meminum Banyak Cairan

Saat demam, terjadi peningkatan resiko kehilangan cairan yang menyebabkan dehidrasi. Minumlah banyak cairan, baik itu air, teh herbal atau sup panas untuk meningkatkan hidrasi tubuh, membantu menurunkan suhu dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan virus.

2. Sup Ayam

Sup ayam yang mengandung protein dari ayam (terutama dari kaldunya) memiliki gizi penting yang dapat membantu membangun antibodi melawan virus. Selain itu bila demam-mu disebabkan oleh radang tenggorokan, sup ayam mampu meringankan rasa sakit di tenggorokan karena mengandung zat anti inflamasi.

3. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda dapat membantu mengatasi dehidrasi akibat banyaknya keringat yang keluar ketika sedang demam. Air kelapa muda sangat kaya akan elektrolit alami.

4. Mandi Air Hangat

Mandilah dengan air hangat atau ruam-ruam kuku. Kamu bisa juga menambahkan garam mandi (salt bath) atau essential oil misalnya aroma lavender, sebagai aroma yang terkenal akan manfaatnya menenangkan dan mengatasi kesulitan tidur. Mandi air hangat berkhasiat menurunkan suhu tubuhmu.

5. Turunkan Suhu Ruangan

Jangan membuat ruangan menjadi terlalu panas karena akan membuat demam menjadi semakin menjadi-jadi. Biarkan suhu ruangan tetap sejuk.

6. Temulawak

Selain digunakan sebagai cara alami mengatasi demam, temulawak juga bisa untuk merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, mencret, diare, maag, perut kembung hingga pegal-pegal. Untuk menurunkan panas, pertama kamu harus menyiapkan 10 gram rimpang temulawak dan madu asli bunga kapuk. Cara membuatnya:

1.Parut temulawak tersebut.
2.Tambahkan ½ gelas air panas
3.Aduk hingga rata
4.Bagi menjadi 3 campuran, diminum 3 kali sehari.

7. Bawang Merah

Setiap orang pasti memiliki bawang merah di dapur karena memang merupakan bumbu yang rutin dipakai semua orang untuk memasak. Nah, kamu hanya memerlukan 5 siung bawang merah saja. Cara membuat:

1. Kupas 5 siung bawang merah.
2. Parut kasar.
3. Tambahkan minyak kelapa secukupmya.
4. Balurkan ke ubun-ubun dan seluruh tubuh, terutama punggung, dada dan perut.

8. Bawang Putih

Masih serupa dengan ramuan racikan bawang merah, tapi kali ini kamu menggunakan bawang putih. Tumbuk 2-3 siung bawang putih, campurkan dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih, kemudian oleskan di telapak kaki. Biarkan selama satu malam.

9. Jeruk Nipis

Kamu membutuhkan ½ buah jeruk nipis, madu asli dan 1 kuning telur ayam kampung. Cara membuatnya:

1.Peras jeruk nipis, ambil airnya.
2. Tambahkan air panas ½ gelas.
3.Aduk rata. Minumlah dua kali sehari.

10. Kunyit

Cara alami menurunkan panas ini membutuhkan kira-kira 10 gram umbi kunyit, madu bunga kapuk dan jeruk nipis. Berikut cara membuatnya:

1.Cuci bersih kunyitnya, lalu parut.
2.Tambahkan ½ gelas air panas.
3.Aduk rata.
4.Setelah dingin, peras, lalu ambil airnya saja.
5.Tambahkan perasan ½ jeruk nipis
6.Tambahkan 2 sdm madu
7.Bagi menjadi 3 bagian dan minumlah 3 kali sehari.

11. Sambiloto

Cara mudah menurunkan panas ini membutuhkan kira-kira 10 gram daun sambiloto, 25 gram umbi kunyit kering dan madu bunga kapuk. Berikut cara membuatnya:

1.Rebus daun sambiloto, umbi kunyit kering dan 200 cc air hingga mendidih.
2.Biarkan hingga air tinggal 100 cc, kemudian saring.
3.Bila air sudah hangat (tidak panas mendidih lagi), tambahkan 100 cc madu kemudian aduk hingga rata.
4.Bagi menjadi 3 bagian, diminum 3 kali sehari.

Dengan berbekal 11 cara alami mengatasi demam tersebut, Youngnesia berharap kamu nggak perlu panik lagi ketika mengalami demam di saat-saat genting. Tips ini dapat juga diaplikasikan untuk anak-anak. Tapi hati-hati, tips ini hanya home remedy. Youngnesia bukanlah pihak medis, jadi ini bukan rekomendasi medis lho ya. Kalau kamu bisa segera berobat, lakukanlah. Selamat mencoba dan cepat sembuh ya!